October 17, 2010

Update Paket Codec Pada Media Player Classic (MPC)


Jika kita tidak bisa menjalankan format file video tertentu, maka tidak ada salahnya kita menginstall paket codecs yang bisa didapatkan secara gratis. Saat ini tersedia banyak pilihan, diantaranya sebagai berikut :

1. K-Lite [Mega] Codec Pack, merupakan salah satu paket codec yang populer. Didalamnya disertakan juga Media Player Classic, yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai format audio video yang saat ini banyak beredar (Windows 2000/XP/2003/Vista/7). Ukuran untuk versi Mega 18.7MB dan yang lebih kecil sekitar 14.6 MB.


2. Vista Codecs Package, merupakan kumpulan codecs yang senantiasa di update. Tidak disertakan player, tetapi kita bisa menggunakan Windows MEdia Player bawaan windows. Meski namanya Vista, tetapi paket ini tidak hanya untuk Windows Vista, tetapi juga mendukung windows XP (ukuran sekitar 18.46MB)

3. Windows 7 Codecs. Jika menggunakan Windows 7 dan kita tidak bisa menjalankan format video tertentu dengan Windows Media Player, silahkan install paket codec ini ( Khusus untuk Windows 7, ukuran sekitar 23.2 MB )

4. XP Codec Pack, merupakan paket codec yang juga cukup populer untuk windows XP. Menyertakan juga Media Player Classic ( ukuran sekitar 7.49MB )

Mana yang sebaiknya dipilih? Sebenarnya masing-masing mempunyai kemampuan yang hampir sama. Jika ingin menggunakan software player alternatif (simpel), pilih saja K-Lite Mega Codec Pack. Tetapi jika ingin tetap menggunakan Windows Media Player, maka Vista Codecs Package bisa menjadi pilihan ( untuk windows XP dan Vista) atau Windows 7 Codecs ( untuk windows 7).

Sebenarnya selain 4 paket codec diatas, masih ada beberapa (banyak) paket codec lainnya yang bisa menjadi alternatif, misalnya : Satsuki Decoder Pack ( 11.4 MB, Windows 2000/2003/XP/Vista/7 ), Matroska Pack ( 3.8 MB), Codec Pack All in 1 ( 9.25MB, Win9x, Win2k dan WinXP, agak lama tidak diupdate ) dan mungkin masih banyak lainnya.


ebsoft.web.id
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments