December 19, 2012

baca ini untuk para desainer

Perlu disadari bahwa profesi Desainer Grafis tak mudah jika dilakukan secara profesional. Harus memiliki kemampuan lebih bagi desainer grafis dan ini menjadi syarat mengerjakan proyek desain dengan cepat, tepat profesional. Kemampuan wajib ini meliputi beberapa aspek yang berpengaruh untuk membentuk komunikasi visual dengan konsumen. Sejauh mana kemampuan ini dapat membantu dalam setiap pekerjaan desain atau pembuatan kartya grafis? Mari ikuti artikel berikut.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Dunia desain erat kaitannya dengan konsumen, bukan berarti konsumen ini adalah pembeli… bukan, melainkan orang yang akan melihat desain yang akan dibuat. Karena adanya pendesain dan konsumen maka harus ada korelasi yang saling terhubung antara keduanya yaitu sebuah media yang digunakan sebagai bentuk komunikasi berbentuk visual. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer dan dalam berkomunikasi secara visual sudah seharusnya memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yang paling berpengaruh, yaitu :

Wawasan Teknologi


Wawasan teknologi akan mempengaruhi cara berpikir dan hasil karya desain yang dibuat nantinya. Cakupan pengetahuan akan memperkaya proses kreatif desain dan pengembangan ide. Dengan adanya wawasan teknologi ini seorang desainer dapat melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Ambil contoh dengan mengetahui fungsi email maka proyek desain atau proses pemesanan jasa dapat dilakukan melalui email, tanpa harus menunggu menggunakan telepon yang mempunyai budget tinggi dan kurang terperinci. Karena semua hal yang ada, seperti briefing dan segala kontak dapat dilakukan melalui email dan mesenger. Memang pada akhirnya akan ada ”kopi darat’ atau pertemuan untuk pembahasan desain lebih lanjut.

Anda Contoh kasus lagi pada teknologi cetak. Jika seorang desainer tidak tahu teknologi printer yang digunakan dalam mencetak hasil karyanya makan akan sangat mengganggu. Loh, kok bisa. Pada kasus jika untuk mencetak foto akan disodori jenis kertas misalnya,

  • Doff/Matte paper
  • Glossy
  • Metallic
  • Metallic+laminating


Maka kalau kita tahu hal ini, kita akan tahu hasil cetaknya sejauh mana. Bagus tidaknya hasil cetak atau cocok atau tidaknya dengan hasil karya yang akan dicetak.

Wawasan teknologi ini sejauh mana dibatasi? Tidak terbatas. Loh, kok! Ya, maksudnya tidak dibatasi adalah jika kita tahu segala informasi tentang teknologi maka akan semakin bagus. Pengetahuan dan informasi akan memperkaya hasil desain dan mempengaruhi karya yang dibuat. Namun jika semua teknologi ini dipelajari, yang ada malah kita tidak fokus. Lantas bagaimana? Ya sebaiknya Anda menentukan dulu sebagai desainer apa Anda akan dikenal. Lihat pekerjaan yang bisa diatasi oleh seorang desainer.

  1. Advertising (desain grafis untuk periklanan)
  2. Software Design (desain untuk user interface software)
  3. Web Design (desain tampilan website)
  4. Movie Production (desain movie title, motion graphic)
  5. Animation (Design Animator, Character Design, Illustrator Design)
  6. Music Visualizer (Visual Jokey, Video Maker)
  7. Game Design (desain tampilan game, desain karakter, environment)
  8. Printing Industry (manajemen produksi, packaging)
  9. Editorial Design (layout koran, desain majalah)
  10. Book Design (desain buku)
  11. Information Design (desain peta, sign system)
  12. Interactive Design (desain aplikasi ATM, skenario interaksi user)
  13. Branding Company (logo, identitas, brand developer)
  14. Type Design (desain huruf, eksperimen tipografi)
  15. dll



Nah, jika sudah menentukan pekerjaannya, maka akan mudah menelisik apa saja yang nantinya akan dibutuhkan, bukan? Ambil contoh sebagai advertising maka teknologi yang wajib Anda pelajari adalah

Teknologi percetakan (sablon, printer, kertas, tinta, dan lain sebagainya)
Teknologi komputer (hardware, monitor, cpu, stylus drawing. Digunakan untuk melihat kecepatan dan kemampuan komputer menangani pekerjaan periklanan)
Teknologi gambar


Wawasan Sains

Sains digunakan untuk perhitungan matematis saat proses percetakan, pembuatan objek yang membutuhkan ukuran, mindset karya desain bertema sains. Namun hasil dari pendekatan sains ini tidak banyak dijumpai pada karya desain. Hal ini dikarenakan tema sains adalah kebutuhan khusus dengan kalangan yang terbatas.

Wawasan Seni

Wawasan seni akan mempengaruhi langsung pada proses pembuatan desain. Dalam seni ada yang dinamakan sense of art, atau cita rasa seni dalam menilai sebuah karya desain, bagus tidaknya sebuah karya desain. Nah, sense of art dapat diperoleh dengan mempelajari cakupan seni itu sendiri seperti sejarah, orang berpengaruh, tata rupa dan keilmuan dasar tentang seni lainnya. Desain adalah bagian dari keilmuan seni rupa, jadi seni itu sendiri melekat pada desain.

Wawasan Sosial Dan Budaya

Wawasan sosial akan menambah bahan yang layak diperhitungkan untuk olah karya desain. Dengan mengetahui kegiatan sosial kita akan juga mengetahui apa saja hal yang tepat untuk desain pada target konsumsi komunitas tertentu. Semisal wawasan sosial anak muda dan gaul. Dengan mengetahui wawasan sosial konsumen tersebut maka kita tahu desain dan tulisan yang tepat akan ditampilkan. Dengan mendekati (konten desain) bidang sosial tertentu konsep desain dan ide kreatif yang tertuang dalam media desain akan mudah diterima oleh kalangan tersebut.

Wawasan budaya budaya (sikap, mentalitas, aturan, gaya hidup) akan membantu proses kreatif desain. Budaya banyak mempengaruhi perilaku, cara berpikir, cara pandang dan persepsi seseorang. Dalam kaitannya pembentukan komunikasi visual hal ini sangat nyata dibutuhkan. Akan mudah berkomunikasi jika kita mamahami budaya, pada intinya dengan mengetahui budaya maka kita akan mudah menentukan langkah konsep desain.



Pernahkah Anda melihat tayangan cowboy penunggang kuda yang dijadikan model iklan rokok filter putih produksi Amerika yang terkenal itu? Sudahkan Anda menyaksikan iklan rokok filter putih yang menampilkan model seorang cowboy gagah menunggang kuda hitam menges-menges (hitam legam) sedang menggembalakan ribuan ternak yang menjadi tugasnya sehari-hari?

Selain melihat, so pasti, Anda (terutama paraperokok) yang merasa sebagai pria macho gagah perkasa dengan suka rela menjadi konsumen loyal. Ketika Anda ingin menghisap rokok, kemudian membeli rokok tersebut, maka sukseslah tim kreatif ini memposisikan Anda sebagai konsumen loyal. Sebagai seorang pria perokok macho dan gagah perkasa yang setiap saat mengkonsumsi rokok tersebut. Citra pria macho gagah perkasa yang direpresentasikan lewat cowboy berhasil menancap dengan sukses di dalam benak (ingat konsep positioning: bagaimana upaya produsen dengan segenap jajarannya menancapkan merek ke dalam pikiran target sasarannya) konsumen.

Satu lagi, jadi ingat iklan simcard XL, dimana di daerah jawa dan lainnya menggunakan model yang tidak menggunakan jilbab, berbeda dengan daerah Aceh, modelnya sama (klo ga salah) tapi menggunakan jilbab, hal ini dikarenakan daerah Aceh yang sedang menjalan kan syariat islam.. jadi pemberlakuan syariat tersebut, mempengaruhi visual iklan di Aceh (terutama model wanita)




kutipan - Lizard Wijanarko
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments